Mahasiswa adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, selama waktu yang ditentukan, baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.

Menjadi mahasiswa tidak sepenuhnya mempunyai tanggung jawab untuk belajar di kelas saja, sebab mahasiswa mempunyai peran sebagai agen of change, yang dimana peran mahasiswa itu tidak hanya berguna untuk dirinya saja. Tetapi harus berguna juga untuk orang banyak. Hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa agar mempunyai kebermanfaatan untuk orang banyak salah satunya yaitu dengan membuat suatu karya tulis ilmiah.

Manfaat Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa

Karya ilmiah memiliki arti sebagai suatu karangan atau tulisan yang dibuat berdasarkan hasil penelitian, pengamatan, dan pengawasan terhadap suatu bidang ilmu tertentu, dan disusun secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu, serta dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. 

Jenis karya tulis ilmiah yang bisa mahasiswa buat yaitu: jenis makalah, jenis artikel ilmiah, work paper, skripsi untuk menyelesaikan S1, tesis untuk menyelesaikan S2, dan disertasi untuk menyelesaikan S3.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis karya tulis ilmiah, tentu kalian berpikir, untuk apa yaa manfaatnya mahasiswa membuat karya tulis ilmiah? Tidak perlu panjang lebar yuk langsung saja ke pembahasannya.

Keuntungan Mahasiswa Mempelajari Karya Tulis Ilmiah

Manfaat Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa

1. Menjadikan Mahasiswa yang Mampu Membaca Efektif

Membaca menjadi kemampuan dasar yang harus mahasiswa kuasai. Sebab dengan membaca wawasan keilmuan kita bertambah, sehingga bisa memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi mahasiswa seperti pemecahan masalah didalam menemukan intisari tugas kuliah dan masih banyak lagi dari manfaat membaca. Untuk itu kita harus selalu meningkatkan kemampuan membaca kita dengan cara membuat karya ilmiah, dengan cara ini mahasiswa akan terbiasa untuk membaca efektif guna menemukan ide-ide cemerlang nantinya.

2. Membangun Pola Berpikir yang Sistematis

Dalam karya tulis ilmiah, kita tidak hanya menilai sesuatu itu hanya dari satu sisi saja, tetapi melihat sebab dan akibat sesuatu itu terjadi dan faktor apa yang dapat melatar belakanginya sehingga dengan menulis karya ilmiah, step by step pola pikir mahasiswa akan lebih sistematis. Jadi pola pikir yang sistematis harus ditanamkan sejak dini dari dalam diri mahasiswa.

3. Membiasakan Mahasiswa Menyampaikan Pendapat Secara Tertulis

Dengan menulis karya tulis ilmiah, secara tidak sadar mahasiswa terbiasa untuk menyampaikan pendapat kepada orang lain dari informasi yang akurat.

 

Baca juga artikel menarik lainnya: Publikasi Jurnal Nasional