Tempat wisata Tugu Monumen Nasional atau yang biasa disingkat “MONAS”, adalah salah satu bentuk Simbolik dari kota jakarta yang sudah dikenal oleh banyak orang. Monas ini tidak hanya terkenal di indonesia saja, Tugu Monas ini juga telah menjadi Landscape yang sudah terkenal di Luar Negri. Area Monas ini menjadi tempat Wisata rekreasi dan sekaligus menjadi Wisata Edukasi Sejarah.

Layaknya bukit pengger jogja, Tugu Monas ini juga merupakan monumen yang berbentuk seperti tugu obelisk, dan dibangun berdasarkan perintah dari Ir. Soekarno selaku presiden pertama RI. Pembangunan tugu monas ini dimulai tanggal 17 Agustus 1961 dan telah dibuka secara resmi untuk umum yaitu pada tanggal 12 Juli 1975.

Tempat Wisata Tugu Monumen Nasional

Hal yang Menjadi Daya Tarik Wisata Monas

Ada banyak sekali hal hal menarik yang ada di wisata Monas ini, dan Monas ini bukan hanya Museum biasa saja melainkan Museum yang sangat bersejarah. Wisata Monas juga dapat menjadi destinasi wisata keluarga di saat liburan.

Lalu apa sajakah hal yang menjadi daya tarik di monas ini ? Mari kita simak!

 

Relief Sejarah Negara Indonesia

Jika anda ingin memasuki Monumen Nasional, coba anda lihat sekeliling monumen nasional ini di bagian luarnya.

Kalian akan melihat banyak sekali relief atau patung yang berada di setiap sudut halaman luar Monumen Nasional. Relief yang ada ini telah disusun sedemikian rupa secara kronologisnya dan itu juga berdasarkan waktu.

Relief yang menggambarkan masa kejayaan kerajaan Singasari dan kerajaan Majapahit ini dapat ditemukan di sudut Timur Laut dari luar Monumen Nasional.

 

Museum Sejarah Nasional

Tempat Wisata Tugu Monumen Nasional

Perlu anda tahu bahwa letak museum sejarah nasional ini bertempat di bagian dasar monumen nasional. Dan jika diukur kedalamannya, sekitar 3 meter dari permukaan tanah.

Museum Sejarah Nasional ini jika diperkirakan, hanya dapat menampung sekitar 500 pengunjung saja karena Museum ini memiliki luas 80×80 M persegi.

Museum ini memiliki sekitar 51 Diorama yang memperlihatkan kejadian Sejarah Nusantara yang dimulai dari masa Pra sejarah, penjajah Eropa, Perlawanan Pahlawan zaman dahulu yang melawan Kolonial Belanda & VOC, Masa Kerajaan Nusantara yang lampau, penjajah dari negara jepang, lalu kemerdekaan bangsa indonesia dan sampai Orde Baru.